Ganjar dan Anies Belum Mampu “Geser” Prabowo

  • Bagikan
Pilpres 2024
Bakal Capres Prabowo.

Jakarta, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Sosok Prabowo Subianto belum mampu digeser elektabilitasnya oleh Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan dalam survei bakal Calon Presiden Ri.

Hasil survei lembaga Voxpopuli Research Center menunjukkan elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih tinggi. Ia meraih 26,2 persen dukungan jelang Pilpres 2024.

Peneliti senior Voxpopuli, Prijo Wasono mengatakan posisi puncak masih ditempati Prabowo menjelang jadwal pendaftaran capres-cawapres pada Oktober mendatang. Urutan kedua diduduki Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada urutan ketiga.

"Prabowo masih unggul dalam bursa Pilpres 2024, disusul oleh Ganjar yang mengalami rebound dan Anies naik tipis pada peringkat ketiga," ujar Prijo.

Ia menjelaskan nama Ganjar mengalami kenaikan setelah sempat menurun usai permasalahan Piala Dunia U-20. Elektabilitas Ganjar berada di bawah Prabowo dengan perolehan angka 24,3 persen.

Sementara Anies Baswedan tetap setia pada peringkat ketiga dengan perolehan sekitar 16,1 persen. Prijo mengatakan elektabilitas Anies naik tipis dibanding survei pada Juni 2023.

Lebih lanjut, Prijo mengungkap kuatnya elektabilitas Prabowo juga diiringi dengan merapatnya partai-partai besar yang kini tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Menguatnya Prabowo diikuti dengan bergabungnya partai-partai Senayan yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yakni Partai Golkar dan PAN, melebur dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR)," jelasnya.

Meski sempat diwarnai keluarnya PKB, koalisi partai pengusung Prabowo masih memiliki kekuatan terbesar jika melihat perolehan kursi di parlemen. KIM juga masih menjadi yang terkuat karena digawangi Partai Gerindra sebagai partai politik terbesar kedua.

Survei Voxpopuli Research Center digelar pada 1-7 September 2023. Survei ini melibatkan 1.200 responden dari seluruh provinsi di Indonesia.(*/yani)

  • Bagikan