Ini Fasilitas Kesehatan Terbaik di Ambon Versi BPJS Kesehatan

  • Bagikan
BPJS Kesehatan

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - BPJS Kesehatan memberikan penghargaan kepada sejumlah fasilitas kesehatan di Kota Ambon. Ini bersamaan dengan peluncuran Transformasi Mutu Layanan BPJS Kesehatan.

Kegiatan ini diapresiasi oleh Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kota Ambon khususnya Dinas Kesehatan. Di tahun 2023 ini, fasilitas kesehatan yang menerima penghargaan sebagai pelayanan kesehatan terbaik, diantaranya, Klinik Al-Agsha (Tingkat I, Kategori Klinik Pratama Tingkat Provinsi Maluku dan Peringkat I Tingkat Kedeputian Wilayah IX).

Kemudian, drg. Pricilia F. Pieritsz (Peringkat I Kategori Tempat Praktek Mandiri Dokter Gigi Tingkat Provinsi Maluku), dr. Adelia Suryani (Peringkat II Kategori Tempat Praktek Mandiri Dokter Tingkat Provinsi Maluku).

Direktur RSKD Provinsi Maluku (Peringkat I Kategori RS Tipe B Tingkat Provinsi Maluku), Direktur RS Bhayangkara Ambon (Peringkat I Kategori RS Tipe C Tingkat Provinsi Maluku),
Direktur RS Hative (Peringkat II Kategori RS Tipe D Tingkat Provinsi Maluku).

Dan Direktur Balai Kesehatan Mata Ambon Vlissingen (Peringkat I Kategori Klinik Utama Tingkat Provinsi Maluku). Acara dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Meykal Pontoh, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, serta perwakilan dari masing-masing pelayanan kesehatan di ambon.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Meykal Pontoh, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan pada fasilitas pelayanan yang ada di kota Ambon.

"Kegiatan ini dirasa penting karena sesuai instruksi Presiden bahwa pelayanan kesehatan harus ditingkatkan dari daerah 3T. Dan memiliki konsep yakni, mudah, cepat, setara dan tanpa diskriminasi," katanya kepada Wartawan di Amaris, Senin, (2/10).

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, M.Kes, mendukung implementasi transformasi mutu layanan.

"Mudah-mudahan dengan adanya peluncuran transformasi mutu layanan, masyarakat semakin mudah dan cepat dalam mengakses pelayanan Program JKN, juga tidak ada diskriminasi pelayanan," ujarnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assagaf, SE, mengatakan, Transformasi Mutu Layanan merupakan hal yang sangat penting dalam Pelaksanaan Program Jaminan kesehatan Nasional(JKN) yang mudah, cepat dan setara.

"Karena fungsi dari BPJS kesehatan adalah kendali mutu dan kendali biaya maka setiap tahun ditingkatkan fasilitas kesehatan dan komitmen dengan faskes yang bekerjasama sehingga menjadi kepuasan dalam pelayanan baik itu sifatnya di kepesertaan maupun pelayanan," jelasnya.

Lebih lanjut, dikatakan, selain itu, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon juga memberikan penghargaan kepada fasilitas Kesehatan yang paling berkomitmen dalam meningkatkan mutu layanan di tahun 2023.

Diketahui, Klinik Al-Aqsha sebagai peringkat pertama kategori klinik pratama tingkat kedeputian wilayah IX.

Penanggung jawab Klinik Al-Aqsha, dr. Alwia Djamalilki, mengatakan, dengan apresiasi ini, Klinik AlAgsha semakin lebih baik lagi dalam mewujudkan transformasi mutu layanan yang semakin mudah, semakin cepat dan setara kepada semua Peserta Program JKN.

"Sehingga, masyarakat yang datang berobat tidak perlu antri lama-lama dan proses registrasinya tidak ribet," pungkasnya. (leonardo)

  • Bagikan