Terminal Pelabuhan Jos Soedarso Bakal Disulap Seperti Ruang Tunggu Bandara Udara

  • Bagikan

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID.– PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Ambon berencana melakukan penataan terminal, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang terjadi pada setiap peak season atau puncak musim liburan.

Hal itu diungkapkan Plh General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Ambon, Capt. Muhammad Yusuf kepada sejumlah awak media yang melakukan Port Visit dengan mengunjungi Pelabuhan Ambon dan Terminal Peti Kemas (TPK) Ambon, Jumat (27/10/2023).

Yusuf mengatakan, pihaknya akan menata Terminal Penumpang Pelabuhan Ambon layaknya sebuah bandar udara internasional yang memiliki berbagai fasilitas yang terbaik.

“Kita akan membuat penumpang merasa lebih aman dan nyaman saat menunggu keberangkatannya di Terminal Penumpang Pelabuhan Ambon. Kita berencana mengubah desain eksterior terminal penumpang layaknya bandara,” terang Capt. Yusuf.

Selain desain gedung terminal, berbagai fasilitas penunjang lainnya juga akan disiapkan dengan lebih baik lagi. Seperti ruang check in yang mewah, serta ruang tunggu yang dilengkapi dengan playground atau tempat bermain yang dirancang khusus untuk anak-anak.

Dia menyebutkan, rencana penataan terminal yang akan dilakukan oleh Pelindo karena melihat pertumbuhan jumlah penumpang yang cukup signifikan di pelabuhan, yang terletak di kota yang terkenal dengan rempah-rempahnya ini.

Yusuf menyebutkan, sejak 2020 hingga triwulan III tahun ini, arus penumpang di Pelabuhan Ambon mengalami trend pertumbuhan yang sangat positif, yakni mencapai 129,13%.

“Persentase tersebut adalah trend pertumbuhan untuk arus penumpang dalam dan luar negeri yang naik dan turun di Pelabuhan Ambon,” sebutnya.

Pada 2020 lalu, total jumlah penumpang di pelabuhan kelolaan Pelindo ini mencapai 249.458 orang. Angka itu bertambah jadi 312.743 orang pada 2021, bertambah lagi menjadi 537.135 orang di 2022, dan tumbuh menjadi 573.979 orang pada triwulan III tahun ini.

Dari segi call atau kunjungan kapal, Pelabuhan Ambon yang dikelola Pelindo Regional 4 Ambon juga mencatat trend pertumbuhan sebesar 105,15%. Di mana pada 2020 lalu kapal yang sandar sebanyak 2.838 call, kemudian 3.550 call di tahun berikutnya dan sebanyak 3.299 call pada tahun lalu, serta 2.371 call sampai dengan September tahun ini.(Elias Rumain)

  • Bagikan