Perombakan Jilid II Pemkot, Walikota Ambon: Masih Dijadwalkan

  • Bagikan
Bodewin Wattimena
Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Bodewin Wattimena akan kembali merombak birokrasi, setelah sejumlah pejabat Pemerintah Kota Ambon dilantik pada Jumat (27/10/2023). Pada perombakan jilid 2 ini belum diketahui, berapa banyak lagi pejabat yang diganti.

Pada Jumat (27/10/2023) lalu, Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Bodewin Wattimena melantik kurang lebih 12 pejabat eselon II me- nempati posisi Kepala OPD dan jabatan strategis lainnya.

Berdasarkan informasi yang diterima ameks.id, Wattimena akan kembali melakukan pelanti- kan eselon III,IV pada Jumat 3 November 2023 untuk kepent- ingan perombakan birokrasi.

“Rabu besok (hari ini) akan dilakukan serah terima jabatan bagi eselon II yang dilantik pelan lalu. Dan nanti Jumat (3/11) itu, pelantikan eselon III dan IV,” ujar Sumber yang enggan namanya dipublis kepada Ambon Ekspres, Selasa (31/10) ke- marin.

Terkait informasi tersebut, Penjabat Walikota Am-bon, Bodewin Wattimena yang dikonfirmasi Ambon Ekspres melalui WhatsApp membantah jadwal pelantikan susulan itu.

Menurut Bodewin, terkait pelantikan susulan itu sampai saat ini belum ada jadwal alias masih dalam penjadwalan. “Masih dijadwalkan. Tunggu saja,”ujar Walikota.

Selain itu, Walikota menegaskan, terkait pelantikan eselon II yang ia lakukan pekan lalu itu telah sesuai ketentuan dan aturan.

“Jadi semua sudah sesuai. Yang dilantik kemarin itu telah sesuai rekomendasi KASN dan BKN. Kalau tidak sesuai, maka tidak mungkin dapat persetujuan Mendagri untuk pelantikan,”tutupnya.

Untuk diketahui, mereka yang dilantik pekan lalu adalah, Piet Saimima menjadi Kepala DPMPTSP, Mien Tupamahu menjadi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ambon, Fahmi Salatalohy Kepala Pelaksana BPBD Ambon dan Steven Dominggus Kepala BKPSDM Ambon.

Selanjutnya Apries Gaspersz yang sebelumnya Kepala BPKAD Ambon dipindah sebagai Sekretaris DPRD Kota Ambon. Posisi Gaspersz diisi Jacob Silanno, Kepala Inspektorat.

Sedangkan posisi Inspektur Kota Ambon, Bodewin Wattimena mempercayakan perempuan yang saat ini Plt Kepala PDAM Ambon, Rulien Purmiasa, dan Kadishub Ambon Robby Sapulette sebagai Asisten III.

Posisi Sapulette digantikan Yan Suitela yang sebelumnya Kepala Kesbangpol Ambon. Kemudian Kadisperindag, Sir Jhon Slarmanat digeser sebagai Kepala Dinas Sosial. Posisi Slarmanat diisi Josias Loppies, Kasatpol PP Ambon. Terakhir, Richard Luhukay, Kadispora mengisi jabatan yang ditinggal Loppies sebagai Kasatpol PP.

Perombakan birokrasi tersebut terjadi berdasarkan surat keputusan (SK) Penjabat Walikota Ambon nomor 1744 tahun 2023, yang mengacu pada surat Kepala Aparatur Sipil Negara (KASN) tertanggal 7 Agustus 2023.

Surat Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) tertanggal 6 Oktober 2023 yang berisi pertimbangan teknis mutasi di lingkun- gan Pemkot Ambon dan surat Menteri Dalam Neg- eri tertanggal 27 Oktober 2023. (zainal)

  • Bagikan