UT Bersama KPP Pratama Ambon Gelar Tax Goes to Campus

  • Bagikan
Universitas Terbuka Ambon

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Universitas Terbuka (UT) Ambon berkolaborasi dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ambon menggelar Tax Goes to Campus. Kegiatan ini dipusatkan di Kampus Universitas Terbuka, Kota Ambon, yang dikuti puluhan mahasiswa penerima beasiswa KIP-K dan CSR UT Ambon. Jumat (17/11/2023).

Direktur UT Ambon, Yuli Tirtariandi El Anshori dalam rilisnya mengatakan, Tax Goes To Campus merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang bekerja sama dengan Perguruan Tinggi di seluruh wilayah Indonesia. Tujuan dari program ini untuk memberikan pemahaman tentang pajak sebagai pilar utama pembangunan negeri kepada generasi muda.

“Kami menyambut baik acara Tax Goes to Campus ini yang juga merupakan implementasi Perjanjian Kerja Sama antara UT dengan DJP sejak 2018 lalu. Kami berharap acara ini bermanfaat bagi mahasiswa UT Ambon, terutama yang berhubungan dengan edukasi bidang perpajakan di Indonesia", kata Yuli.

Iya juga menambahkan, pada hari Rabu (15/11/2023), tim UT Ambon juga diberikan kesempatan untuk mengunjungi SMK 6 Kababupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Budi Mulia untuk mensosialisasikan program UT kepada para siswa kelas XII.

"Kunjungan yang berlangsung di Kabupaten Kepulauan Tanimbar tersebut mampu menambah informasi Masyarakat, terutama para aparatur desa dan juga siswa SMA tentang Universitas Terbuka agar diharapkan bisa meningkatkan angka partisipasi terhadap mahasiswa baru di Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” terangnya.

Di UT Ambon, kata Yuli, juga terdapat program studi D3 Perpajakan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum dan praktisi perpajakan. Tahun 2025 paling lambat ditargetkan akan dibuka Prodi S1 Perpajakan. Selain itu tim UT Ambon baru saja melakukan sosialisasi program Pendidikan UT di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Sosialisasi itu ditujukan kepada aparatur desa, Selasa (14/11/2023).

"Untuk Kepala Desa dan Sekretaris Desa yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas Terbuka program studi Ilmu Pemerintahan dapat memperoleh maksimum pembebasan 50 SKS, sedangkan Kaur, Kadus dan anggota BPD dapat memperoleh pembebasan hingga 35 SKS,” kata Yuli.

“Caranya memenuhi syarat pemberkasan RPL aparat desa serta menyertakan portofolio atau pengalaman Pendidikan informal untuk selanjutnya dapat di verifikasi oleh pihak UT untuk memperoleh rekognisi mata kuliah", tambah Yuli saat kunjungan di KKT.

Sementara itu, Pejabat Kepala Seksi pelayanan KPP Pratama Ambon Agus Meidy Martono dalam sambutannya mengatakan, acara ini merupakan salah satu program KPP Ambon dalam mengedukasi para mahasiswa, terutama yang berhubungan dengan peningkatan sadar pajak bagi generasi muda.

“Pajak sendiri merupakan kontribusi wajib pada negara, bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, tanpa mendapat imbalan langsung dan digunakan untuk membiayai pengeluaran negara untuk kepentingan rakyat. Untuk itu, Pajak sangat berperan penting pada kehidupan bernegara, terkuhusnya dalam pelaksanaan pembangunan di daerah tersebut", kata Agus Meidy.

Tidak hanya itu, Penyuluhan Pajak KPP Pratama Ambon, Sally dan Hamam, dalam pemaparan materinya menjelaskan bahwa, pajak sebagai sumber utama pendapatan negara dalam APBN yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.

"Mahasiswa diharapkan dapat menjadi jembatan dalam memberikan pemahaman bagi masyarakat terkait dengan pentingnya pembayaran pajak agar semakin besar pemasukan negara maka semakin cepat pula pembangunan yang kita rasakan,”
jelas Salmi.

Diketahui, UT Ambon saat ini telah membuka pendaftaran mahasiswa baru dari tanggal 03 November 2023 sampai tanggal 20 Februari 2024 dengan program Sarjana dan Diploma.

Di UT Ambon juga terdapat beberapa jenjang pendidikan mulai dari diploma, S1, S2, hingga S3 dengan pilihan studi di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Untuk Pendaftaran calon mahasiswa bisa melalui laman ambon.ut.ac.id ataupun laman admisi-sia.ut.ac.id, atau juga bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon, di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan. Baguala Kota Ambon. (*/Jardin Papalia)

  • Bagikan