Borok Timsel Komisioner KPU Dibongkar: Peserta Keberatan Dapai Nilai Nol Semua

  • Bagikan
Kursi DPR Dapil Maluku

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Arkilaus Lumaderine, peserta seleksi komisioner KPU Seram Bagian Barat, mengajukan keberatan ke Ketua Tim seleksi. Keberatannya terkait hasil test CAT dalam bentuk pilihan ganda, dan esay miliknya yang bernilai nol.

Dari surat pengaduan yang juga diterima ameks.id ini, Arkelaus mengungkapkan, mendapat pemberitahuan hasil tes CAT pada laman siakba.kpu.go.id dengan Nilai Pilihan Ganda = 0 dan Nilai Esay = 0.

“Saya kemudian dalam pengumuman hasil seleksi secara terbuka dinyatakan Tidak Lulus. Melihat Nilai Pilihan Ganda dan Nilai Esay yang angkanya NIHIL dan atau 0, saya menyatakan SANGAT KEBERATAN dan saya TIDAK TERIMA dengan hasil tersebut,” tulis dia dalam surat pengadulan itu.

Arkilaus, mengaku mengikuti tes CAT dengan mengisi seluruh soal Pilihan Ganda dan mengisi seluruh soal Esay. Dia juga telah menyelesaikan dengan baik pengisian jawab atas soal Pilihan Ganda dan soal Esay.

“Dan diakhir pengisian jawaban, saya telah mengarahkan dengan tepat Cursor Mouse pada kotak Selesai (submit) dan mengKlik dengan sempurna, sehingga yang saya ketahui dengan pasti bahwa hasil kerja saya ADA YANG BENAR dan sangat tidak mungkin SEMUANYA SALAH,” tegas Arkilaus.

Menurut dia, jika terjadi erorr system atau gangguan server pada saat dia mengKlik kotak Selesai, maka pasti ada pemberitahuan di monitor, namun sama sekali tidak ada informasi erorr/gangguan pada monitor.

“Dan juga jika terjadi erorr atau gangguan yang tidak saya ketahui, yang kemudian berdampak pada tidak tersimpannya hasil kerja saya, maka dengan demikian saya benar-benar telah dirugikan sebagai peserta yang juga punya hak yang sama dengan peserta lainnya,” ungkap Arkilaus.
Dia juga menegaskan, sebelum meninggalkan tempat duduknya, ada petugas pengawas yang menuju ke mejanya. Karena itu, bila ada error pada komputer yang dipakai, dia memastikan petugas akan memberitahu.

“Lagi pula komputer yang saya pakai, digunakan oleh peserta lain pada sesi berikutnya. Rentu sudah dipastikan oleh petugas pengawas atau teknisi maupun petugas lain yang mengatur atau merapihkan kembali tempat duduk dan memastikan komputer dalam keadaan siap digunakan,” beber Arkilaus.

Terkait dengan hasil tes Phisikologi yang pemberitahuannya disampaikan kepada saya melalui laman siakba.kpu.go.id bahwa nilai hasil tes phisikologi tidak Direkomendasikan juga mengundang Tanda Tanya.

“Sebab menurut saya hasil ini sejalan dengan hasil tes CAT saya yang nilainya NIHIL dan/atau 0, yang juga menurut saya bisa saja saya telah dirugikan secara sengaja. Oleh karena itu saya perlu bukti hasil tes phisikologi yang dapat dikirim ke WhatsApp saya maupun email saya,” kata dia. (yani)

  • Bagikan