SDN 87 Ambon Dipilih Komunitas Menulis, Tingkatkan Kualitas Siswa

  • Bagikan

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Sekolah Dasar Negeri 87 Ambon, dipilih Komunitas dan Kelas menulis, Happy Writer Club untuk meningkatkan kemampuan para siswa, dalam literasi.

Founder Komunitas dan Kelas menulis, Happy Writer Club, Aluna Aksara Ranusemesta, mengatakan, dipilihnya SD Negeri 87, karena sudah komunikasikan terlebih dahulu kepada pihak sekolah.

Mereka juga, sudah survei dan paling penting dekat dengan tempat tinggal. Sehingga untuk langkah awal dalam meningkatkan kemampuan literasi dan berhitung para siswa dimulai dari SD N 87 Ambon.

“Saya melihat, para siswa di daerah belum percaya diri untuk berliterasi. Sehingga, dibutuhkan dorongan dan dukungan dari banyak pihak untuk meningkatkan kemampuan literasi sejak dini,” katanya kepada Ambon Ekspres saat ditemui usai kegiatan, Kamis, (25/1).

Dijelaskan, sejak dini, para siswa harus dibekali dengan kemampuan literasi. Sehingga, kemampuan literasi mereka dapat berkembang dengan berjalannya waktu.

Menurut dia, dengan diberikan pembekalan sejak dini, para siswa yang duduk di sekolah dasar, dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis dengan baik.

“Dan mampu memahami materi yang diajarkan dengan lebih mudah. Serta dapat mengungkapkan pemikirannya secara efektif. Literasi yang kedua, yaitu literasi numerasi yang merupakan kemampuan untuk memahami dan menggunakan angka dalam kehidupan sehari-hari,” kata dia.

“Saya berkeinginan, para siswa SD N 87 Ambon dapat mengimplementasikan apa yang kami berikan dengan baik ketika mereka lulus nanti. Jadi, tidak ada rasa kurang percaya diri ketika mereka melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi di luar daerah,” tambah Aksara.

Dia berpesan, pendidikan sejak dini, bukan saja tugas dari orangtua saja. Namun pendidikan sejak dini, merupakan tugas bersama seluruh pihak terkait.

“Dimana, memberikan pendidikan anak usia dini yang berkualitas tinggi, dapat menjadi bekal awal terbaik dalam hidup anak-anak,” kata Aksara.

Pada kesempatan yang sama, guru penggerak SDN 87 Ambon, Salamania Pele, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh HWC dalam peningkatan kemampuan literasi para siswa. Dan para siswa pun antusias mengikuti kegiatan ini hingga selesai.

“Saya sangat bersyukur, sekolah kami dipilih oleh HWC untuk meningkatkan kemampuan literasi para siswa. Sehingga, kemampuan mereka dalam literasi bertambah,” jelasnya.

Dijelaskan, pihaknya pun dalam meningkatkan kemampuan siswa, setiap seminggu sekali memberikan pembekalan terkait dengan literasi. Sehingga, kemampuan literasi mereka setiap minggunya dapat terasah dengan baik.

“Untuk kegiatan ini, kelas yang mengikuti dari kelas satu hingga kelas lima. Yang mana, pada setiap jenjang kelas, dilakukan pembekalan setiap minggunya. Tujuannya adalah, untuk meningkatkan kemampuan literasi pada setiap masing-masing siswa,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk meningkatkan rasa percaya diri para siswa, pihaknya tidak segan-segan mengikutkansertakan mereka pada ajang lomba bertutur yang dilakukan oleh pemerintah Kota Ambon.

“Dimana, selain menambah pengetahuan tentang literasi, juga menambah pengalaman mereka bertutur dihadapan orang banyak,” pungkasnya. (LMS)

  • Bagikan