Real Count Sementara KPU Kursi DPR RI, Widya Tinggalkan 4 Petahana

  • Bagikan
Kursi DPR PDIP dapil Maluku
Widya Pratiwi Murad

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Perhitungan suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU), untuk Calon Anggota DPR RI, Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Maluku, telah mencapai 28,92 persen untuk Jumat (16/2/2024) hingga pukul 17.00 WIB.

Dilansir dari https://pemilu2024.kpu.go.id/pilegdpr/hitung-suara/dapil/8101 , sudah 1.626 TPS yang suaranya telah dihitung dan masuk di KPU, dari total keseluruhan 5.622 TPS di seluruh Maluku.

Di Provinsi Maluku sendiri, empat Petahana DPR RI Maluku masih ikut bertarung di Pileg 2024. Mereka diantaranya, Abdullah Tuasikal (AT) dari Nasdem, Mercy Barends (PDIP), Saadiah Uluputty (PKS), dan Hendrik Lewerissa (Gerindra).

Kendati demikian, lebel petahana yang melekat pada empat orang tersebut, tentunya belum mampu membuat mereka aman atau bisa dipastikan melanjutkan masa bakti di Senayan hingga 2029 nanti.

Buktinya, perhitungan KPU yang sudah mencapai 28,92 persen ini, suara para petahana belum terbilang meningkat signifikan, bahkan pendatang baru selaku penantang Incumbent ada yang lebih tinggi dan jaraknya cukup jauh.

Seperti Abdullah Tuasikal, yang saat ini jumlah suaranya masih tertinggal, berdasarkan data sementara KPU masih sangat rendah dibandingkan tiga petahana lainnya.

AT saat ini memperoleh 10.102 suara dari 1.626 TPS. Kursi DPR RI Nasdem pun saat ini diprediksi terancam diambil oleh PAN, dengan Widya Pratiwi yang saat ini suaranya mencapai 21.231.

Suara milik Widya Pratiwi itu juga, smerupakan suara tertinggi bahkan melebihi tiga petahana lain, seperti Saadiah Uluputty 12.559, Mercy Barends 17.679 serta Hendrik Lewerissa 17.679.

Sementara itu, Michael Wattimena dari Demokrat juga berpotensi untuk masuk dalam persaingan memperebutkan empat kursi DPR RI Dapil Maluku, sebab sebagai pendatang baru ia telah memperoleh 9.530 suara.

Nama-nama top seperti mantan Bupati Buru Ramli Umasugi dari Golkar, dalam hitungan KPU berdasarkan data sementara tidak terlalu signifikan dengan perolehan suara 6.782 suara.

Begitu juga Azis Samual yang saat ini baru 5.405 suara. Adapun mantan Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler dari PPP, baru memiliki 4.287 suara. (ZAP)

  • Bagikan