Pensiun dari Perwira Polri, Untung Sangaji Siap Bertarung di Pilkada SBB

  • Bagikan
Untung Sangaji
Untung Sangaji

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) berlangsung 27 November 2024 mendatang. Beberapa nama diwacanakan sebagai calon Bupati, satu diantaranya Untung Sangaji.

Selain Untung, ada Samson Attapary, Hatta Hehanussa, Timotius Akerina dan Asri Arman. Ke empatnya berlatar belakang politisi. sosok AKBP. (Purn) Ir. Ahmad Untung Surianata Sangaji, atau lebih dikenal dengan Untung Sangaji bakal maju sebagai calon Bupati.

Nama Untung Sangaji tidak asing ditelinga masyarakat Maluku, khususnya warga SBB. Apalagi saat dirinya viral melumpuhkan pelaku teroris bom di Sarinah Jakarta pada 14 Januari 2016 lalu, membuatnya sontak dikenal masyarakat luas, tidak saja Indonesia bahkan luar negeri.

Pilkada Bupati SBB 2017 lalu, Pria kelahiran 6 Juni 1965 di Maluku itu dikabarkan bakal ikut bertarung. Namun belakangan, Untung masih memilih melanjutkan karir di kepolisian. Ia pensiun dari Kepolisian pada 30 Juni 2023.

Setelah pensiun, Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1995 ini memilih berkecimpung ke dunia politik, dan saat ini menjadi pengurus DPD Partai NasDem Aceh Utara.

Sumber media ini dari salah satu orang dekat Untung menyebutkan, jika mantan Kapolres Kabupaten Merauke, Provinsi Papua periode 2020-2022 dan mantan Kapolres Aceh Utara periode 2016-2018 itu bakal maju sebagai calon Bupati SBB.

"Rencana seperti, dan komunikasi dengan beberapa partai politik bakal dilakukan,"jelas sumber kepada Ameks.id. Minggu (10/03/2024).

Untung saat dikonfirmasi menyebutkan, jika dirinya telah pensiun dari kepolisian. Namun niat untuk mengabdi kepada masyarakat dan bangsa tidak pernah hilang. Untung menyebut, merasa terpanggil untuk mengabdi kepada daerah dan masyarakat, Kabupaten Seram Bagian Barat.

"Memang ada rencana kesana, saya ingin kembali ke Maluku terutama SBB daerah saya, untuk membangun daerah tersebut dengan mencalonkan diri sebagai Bupati. Namun tergantung pada pola pikir masyarakat kita di SBB, apakah ingin maju atau seperti itu saja," jelas Untung via seluler.

Alasannya maju sebagai calon Bupati, karena ingin memajukan SBB yang lebih, mulai dari sisi infrastruktur, Ekonomi, pendidikan maupun Kesehatan.

SBB, kata dia, kaya sumber daya alam, namun jika masyarakat masih belum sejahtera maka ada sesuatu yang salah. Berbekal pengalaman dengan berdayakan masyarakat saat menjabat Kapolres Aceh Utara dan Kapolres Merauke, akan di implementasikan melalui program jika terpilih menjadi Bupati nanti.

Untung menjelaskan tentang beberapa pokok pikirnya majukan SBB ke depan. Diantaranya, melalui program Swasembada Pangan, Pertanian dan buah Buahan, kemudian pengalengan buah dan wisata buah serta tanaman sumber pakan ternak perlu menjadi fokus untuk ditingkatkan.

Kemudian sumber perikanan harus dimanfaatkan secara baik. Termasuk UKM dan seni budaya sebagai sentral tali rajut ekonomi bangsa dengan dunia luar.

Selain itu, Beavel Gear Combination Sistem, sebagai penggerak listrik di sungai Waisarisa pengganti minyak solar sebagai penggerak generator listrik.

Selanjutnya, bantuan perumahan bagi kaum Dhuafa muslim maupun kristen dan lainnya. Revolusi ekonomi kerakyatan terpadu menjadi terpenting.

"Termasuk pengembangan wisata bahari dan perlindungan flora - fauna serta pelatihan khusus bagi para pemuda pemudi, termasuk pemberdayaan sesuai dengan keahlian mereka. Itu yang harus diperhatikan untuk bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga daerah," ungkapnya. (wahab)

  • Bagikan