Jadi Kader NasDem, Pengamat : Untung Sangaji Berpeluang Calon Bupati SBB

  • Bagikan
Untung Sangaji
Untung Sangaji kanan, Ketua Umum NasDem Surya Paloh kiri. Ist.

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Mantan Perwira polisi AKBP Ir. Ahmad Untung Surianata Sangaji, atau lebih dikenal dengan Untung Sangaji berencana bakal maju sebagai calon Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) di Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang.

Selain Untung, ada juga figur lainnya yang dikabarkan bakal maju sebagai Calon Bupati SBB, diantaranya Samson Attapary, Sahlan Heluth, Levi Kariuw, Timotius Akerina dan Hamra Samal.

Kehadiran Untung bakal menjadi perhatian publik SBB. Pasalnya ia sudah tidak asing lagi bagi warga di daerah itu. Namun kerja politiknya perlu dilakukan maksimal agar lebih dikenal masyarakat.

Menanggapi itu, Pengamat Politik Universitas Pattimura Ambon Said Lestaluhu mengatakan, sikap Untung Sangaji harus diapresiasi, karena setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama, untuk mencalonkan diri sebagai kepala daerah, Bupati atau Wakil Bupati, sepanjang memenuhi syarat sesuai ketentuan perundang-undangan.

Sosok Untung kata dia, bukan lagi orang asing bagi masyarakat SBB,
namun sosialisasi, konsolidasi di masyarakat secara luas perlu dilakukan, agar lebih dikenal semua kalangan di daerah itu.

Menurut Lestaluhu, seseorang yang ingin terpilih, minimal harus dikenal dan disukai masyarakat. Kemudian memiliki elektabilitas.

Termasuk, bangun komunikasi untuk mendapatkan dukungan rekomendasi partai sebagai syarat pencalonan. Atau melalui jalur independen atau perseorangan.

"Siapa saja punya hak yang sama untuk nyatakan maju sebagai calon Bupati, termasuk Pak Untung Sangaji. Intinya kerja keras melalui sosialisasi harus dilakukan maksimal,"sebut Said, Minggu kemarin.

Menurut Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unpatti Ambon itu, jika Untung telah berkecimpung sebagai Kader NasDem, maka modal baginya untuk bisa mendapat dukungan dari partai besutan Surya Paloh itu.

"Kalau yang bersangkutan sudah menjadi Kader NasDem, maka sudah pasti ada peluang, secara internal bisa dilakukan komunikasi. Pak Untung harus gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat, agar tingkat popularitasnya lebih luas,,"tandasnya.

Sebelumnya diberitakan media ini sosok AKBP. (Purn) Ir. Ahmad Untung Surianata Sangaji, atau Untung Sangaji mengaku bakal maju sebagai calon Bupati SBB.

Untung menyebut jika dirinya telah pensiun dari kepolisian sejak 30 Juni 2023 lalu. Namun niat untuk mengabdi kepada masyarakat dan bangsa tidak pernah hilang. Ia pun merasa terpanggil untuk mengabdi kepada daerah dan masyarakat, Kabupaten Seram Bagian Barat.

"Memang ada rencana kesana, saya ingin kembali ke Maluku terutama SBB daerah saya, untuk membangun daerah tersebut dengan mencalonkan diri sebagai Bupati. Namun tergantung pada pola pikir masyarakat kita di SBB, apakah ingin maju atau seperti itu saja," jelas Untung via seluler.

Alasannya maju sebagai calon Bupati, karena ingin memajukan SBB yang lebih, mulai dari sisi infrastruktur, Ekonomi, pendidikan maupun Kesehatan.

Mantan Kapolres Kabupaten Merauke, Provinsi Papua periode 2020-2022 dan mantan Kapolres Aceh Utara periode 2016-2018 sebut, SBB kaya sumber daya alam, namun jika masyarakat masih belum sejahtera maka ada sesuatu yang salah.

"Berbekal pengalaman dengan berdayakan masyarakat saat menjabat Kapolres Aceh Utara dan Kapolres Merauke, akan di implementasikan melalui program jika terpilih menjadi Bupati nanti," sahut pria kelahiran Maluku itu.

Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1995 ini, juga sudah bergabung ke partai politik dan menjadi pengurus DPD Partai NasDem Aceh Utara. (Wahab)

  • Bagikan