Buka Pendaftaran Balon Gubernur, DPP PAN Mentahkan Pernyataan Wahid Laitupa

  • Bagikan
DPW PAN Maluku buka pendaftaran Balon Gubernur Maluku.

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID -DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Maluku, resmi membuka pendaftaran Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2024, Kamis (19/4) kemarin.

Dengan dibukanya pendaftaran Balon Gubernur oleh PAN Maluku ini, maka peluang rekomendasi partai besutan Zulkifli Hasan itu, dimiliki oleh semua figur.

Padahal sebelumnya, atau tepat pada 5 April 2024 lalu di Golden Palace Hotel, Ketua DPW PAN Maluku Wahid Laitupa mengaku, partai berlambang matahari itu akan memberikan rekomendasi kepada Murad Ismail (MI) untuk maju sebagai Gubernur Maluku di periode ke dua.

Pernyataan Wahid waktu itu, ia sampaikan karena disebut merupakan keputusan bersama hasil dari rapat koordinasi dengan DPD PAN se-Provinsi Maluku.

Namun apa boleh dikata, walaupun PAN se Maluku telah menyatakan sikap mendukung MI, tapi pihak DPP PAN telah mengeluarkan instruksi membuka pendaftaran Balon Gubernur untuk umum.

Juru Bicara (Jubir) Tim Penjaringan Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku dari DPW PAN Maluku, Hasan Lessy, kepada wartawan, Jumat (19/4) kemarin mengaku, pendaftaran atau pengambilan formulir telah terbuka untuk umum hingga 14 hari ke depan.

“Pendaftaran telah dibuka hari ini (Jumat 19/4) hingga 14 hari ke depan di DPW PAN Maluku, dan ini juga akan diikuti oleh DPD PAN se Maluku untuk pendaftaran Balon Bupati/Walikota,”ungkapnya.

Terkait dengan pernyataan Wahid Laitupa pada 5 April 2024 lalu, ia mengaku, pihaknya sangat menghargai hal tersebut dimana Ketua DPW dan DPD menyatakan sikap mendukung MI di Pemilihan Gubernur 2024.

Tetapi pihaknya tidak bisa berbuat banyak terhadap apa yang dinyatakan Laitupa tersebut, setelah Tim Penjaringan menerima surat dari DPP PAN nomor PAN/A/KAU/-SSG/037/IV/2024 tentang instruksi pembukaan pendaftaran Balon kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam Pilkada serentak 2024.

“Oleh karena itu kami dari tim penjaringan sangat menghargai apa yang disampaikan oleh ketua DPW PAN Maluku, yang mana beliau bersama semua ketua DPD akan mendukung MI sebagai Calon Gubernur,”paparnya.

“Tapi mengingat instruksi ini baru datang kepada kami, maka kita akan buka pendaftaran dan terbuka untuk umum . Dan ini juga kami akan membuka ruang kepada semua figur mendaftar di DPW PAN Maluku,”sambungnya.

Menurutnya, dukungan Wahid Laitupa selaku ketua DPW PAN Maluku kepada MI, itu sah-sah saja. Pasalnya, hal tersebut adalah hasil kesepakatan bersama pada 5 April 2024 lalu di Golden Palace Hotel.

“Tapi kita mau buat bagaimana, karena ini instruksi dari DPP, sebab biar bagaimana pun kita di daerah itu akan melakukan sesuai instruksi partai ditingkat pusat,”ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, pembukaan Balon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk umum itu, tidak menutup kemungkinan bahwa rekomendasi PAN di Pilgub Maluku 2024 berpeluang dimiliki semua figur yang akan mendaftar.

“Semua figur berpeluang mendapatkan rekomendasi PAN, karena memang semua akan berproses soal perebutan rekomendasi ini. Sebab penentuannya ada di DPP PAN,”tutupnya.(ZAP)

  • Bagikan