Diringkus Saat Malak Warga, DPO Baret Berhasil Lolos Lagi

  • Bagikan
sopir truk
Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif.

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID.- Ramis Bakay alias Baret, terduga pelaku kasus penganiayaan di Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, yang masuk daftar pencarian orang oleh pihak kepolisian, kembali bikin ulah.

Kali ini, Baret diduga melakukan pemalakan terhadap warga yang melintas di ujung desa Wakal, Sabtu (17/6). Warga resah dan melaporkan ke pihak kepolisian. Tim Buru Sergap (Buser) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease langsung berupaya lakukan penangkapan terhadap Baret.

Saat mobil Buser Polresta Ambon melintas, Baret yang mencoba mendekat langsung disergap sekira pukul 13.00 WIT. Sempat dicokok, Baret merontak dan melawan saat akan dimasukan ke dalam mobil.

Baret kemudian memprovokasi masyarakat untuk membantunya dan melakukan perlawanan kepada petugas.

Ada warga yang kemudian terprovokasi untuk melepaskan pelaku. Personel Buser Polresta Ambon yang sempat mencengkeram DPO tersebut akhirnya terlepas. Ia langsung kabur.

"Untuk tersangka Baret yang sudah DPO dan tersangkut beberapa kasus pidana termasuk terlibat pembacokan anggota TNI Kodam Patimura sampai korban luka berat di Wakal, sebaiknya menyerah, karena sampai kapan pun Polri akan tetap tangkap dan proses hukum, tinggal tunggu waktu saja," tegas Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Minggu (18/6).

Kapolda sangat menyayangkan karena masih ada oknum masyarakat yang melindungi penjahat tersebut. Bahkan, warga pun ikut memprovokasi massa untuk melawan petugas.

"Polda Maluku sudah mengembangkan hasil pemeriksaan dari adanya tersangka baru yang sudah ditangkap, dan muncul beberapa nama yang terlibat, dan akan dibuka pada waktunya untuk mempertanggung jawabkan secara hukum," katanya.

Irjen Latif juga menyangkan karena diduga adanya indikasi beberapa pejabat terkait yang malah melindungi dan memelihara konflik di sana.

"Kami sangat menyayangkan adanya indikasi konflik antar negeri sengaja dibuat dan dikondisikan oleh orang-orang tertentu. Ini sangat merugikan dan menghancurkan kedamaian di sana, dan membuat dendam yang berkepanjangan, turun temurun, padahal mereka semua bersaudara," ungkapnya.

Terhadap oknum masyarakat Wakal yang membantu Baret, proses hukum juga akan dilakukan, karena mereka telah turut terlibat dalam terjadinya tindak pidana.

"Oknum-oknum warga seperti ini contoh yang salah dan tidak baik karena lebih memilih membantu penjahat yang membuat konflik negeri dan membuat nama baik negeri Wakal menjadi buruk di mata masyarakat," tegasnya.(ERM)

  • Bagikan