Golkar, PAN Gabung Gerindra dan PKB Capres-kan Prabowo

  • Bagikan
Capres Prabowo
Empat Parpol resmi deklarasikan Prabowo sebagai Capres RI. (Foto: Jawa Pos)

Jakarta, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Prabowo Subianto mendapat tambahan dukungan dari dua partai poltik besar, Golkar dan PAN untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2024.

Sebelumnya Gerindra, partai politik asal Prabowo sudah mendeklarisikan mantan Danjen Kopasus ini sebagai Calon Presiden. Gerindra lalu berkoalisi dengan PKB.

Dengan bergabungnya Golkar, dan PAN, sudah ada empat parpol yang mendukung Prabowo. Golkart pada Pemilu 2019 memeroleh 12,31 persen dari total pemilih, PAN 6,84 persen, Gerindra 12,57 persen, dan PKB 9,69 persen.

Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai capres di Museum Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tegas menyampaikan dukungannya kepada Prabowo yang juga merupakan Ketua Umum Partai Gerindra itu.


“Partai Golkar memberikan dukungannya kepada Letnan Jenderal Pak Prabowo Subianto,” kata Airlangga Hartarto dalam pidatonya.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas).


“Melalui pertimbangan yang matang, Partai Amanat Nasional telah memutuskan untuk memberi dukungan calon presiden periode 2024-2029 kepada Letnan Jenderal Prabowo Subianto,” kata Zulhas.
Dengan begitu, partai pendukung Prabowo Subianto saat ini ada empat yakni Gerindra, PKB, Golkar dan PAN.


Sama kegiatan deklarasi tersebut nampak kompak masing-masing ketua umum partai koalisi. Baik Airlangga, Zulhas, Prabowo maupun Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.


PKB dan Gerindra sendiri telah lama tergabung dalam KKIR (Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya). (selfi/fajar/ameks)

  • Bagikan