Hari Ini Terakhir Pendaftaran Calon Pj Gubernur, Wenno: Rencananya 4 Orang Mendaftar

  • Bagikan
penjabat gubernur maluku
Ketua tim penjaringan Pejabat Gubernur, Yance Wenno bersama Sekretaris panitia.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Sejumlah figur berencana hari ini akan mendaftar sebagai calon Pejabat Gubernur Maluku ke panitia penjaringan di DPRD. Sampai kemarin, Selasa (21/11/2023) belum ada pejabat yang mendaftar.

"Belum ada pendaftar di hari kedua. Kita tunggu saja Rabu besok hari terakhir," kata Ketua anja Calon Pj. Gubernur maluku, Yance Wenno kepada media ini di Kantor DPrD maluku, Selasa (21/11/2023).

Yantje mengaku telah memperoleh informasi, empat bakal calon Pj. Gubernur akan mendaftar di hari terakhir.

"Hari terakhir pendaftaran kita buka pada pukul 09.00 WIT hingga pukul 12-00 WIT. Informasinya ada empat pendaftar yang bakal mendaftar besok (hari ini red)," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Panja calon Pj Gubernur Maluku, Yantje Wenno saat didampingi Wakil Ketua Tim Penjaringan, Johan J. Lewerissa mengatakan, penjaringan dilakukan DPRD atas dasar surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ditandatangani pelaksana tugas Direktur Jenderal Otonomi Daerah.

Surat itu, kata Wenno, menyebutkan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Barnabas Orno akan mengakhiri masa jabatan pada 31 Desember 2023.

DPRD Maluku diminta membentuk tim penjaringan yang bertugas untuk melakukan penjaringan terhadap calon Pj Gubernur Maluku.

"Adanya surat Kemendagri itu, dan hari ini DPRD bersepakat membentuk panitia penjaringan dalam rangka menjaring calon Pj Gubernur Maluku. Pendaftaran akan dibuka kepada putra dan putri terbaik bangsa yang memenuhi syarat menjadi Pj Gubernur Maluku pasca selesai masa tugas Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno pada 31 Desember 2023,” jelas Wenno kepada awak media saat memberi- kan keterangan pers di kantor DPRD Maluku, Jumat (17/11/2023).

Rencana pendaftaran selama tiga hari, 20-22 November 2023, pukul 09.00 hingga 17.00 WIT. Calon Pj gubernur tidak diperkenankan diwakili saat mendaftar.

"Untuk hari Selasa dan Rabu pendaftaran dibuka sejak pukul 09.00 hingga pukul 0.0 Wit. Kalau hari Senin hanya sampai pukul 17.00 Wit. Tempat pendaftaran di Kantor DPRD Maluku," bebernya.

Panja diminta harus bekerja cepat untuk melakukan penjaringan bagi peserta yang mendaftar dengan tidak membatasi kuota.

"Waktu kita sampai tanggal 30 November 2023, nama-nama pejabat Gubernur Maluku usulan DPRD Provinsi Maluku harus suda ada di meja Mendagri," katanya. (wahab)

  • Bagikan