Abdullah, Hendrik, Mercy, dan Saadiah Diprediksi Pertahankan Kursi DPR RI

  • Bagikan
Kursi DPR Dapil Maluku

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Empat Petahana calon anggota DPR RI daerah pemilihan Maluku masih terlalu tangguh. Mereka diprediksikan akan tetap terpilih kembali, jika penantang dari partai politik lain masih bekerja biasa-biasa saja.

Mereka yang kembali bertarung dalam Pemilu 2024, adalah Mercy barends dari PDIP, Abdullah Tuasikal NasDem, Saadiah Uluputty PKS, dan Hendrik Lewerissa dari Gerindra.

Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Pattimura, Normawati kepada ameks.id, Senin (22/1/2024), mengatakan PDIP masih memiliki kekuatan. Kekuatan PDIP di akar rumput pada wilayah tertentu,dan mereka masih sangat solid.

Apalagi sesuai pengamatan, Mercy selalu terpilih. Tentu ia masih yang terbaik di mata pendukungnya. Meski ada banyak calon, namun yang sudah terbukti bagi konstituenlah yang berpeluang terpilih kembali.

Begitupun Gerindra, Hendrik Lewerissa. Disokong tiga caleg lainnya, yaitu Rudolf Pical, Hanifah Hehanussa dan F. Alimudin Kolatlena, partai besutan Prabowo Subianto, itu masih punya kans mendulang suara signifikan untuk mempertahankan satu kursi di Senayan.

Secara personal, kata Normawati, Hendrik sebagai petahana memiliki keuntungan lebih dibandingkan tiga pesaingnya. Karena selama menjabat, cukup memperhatikan masyarakat Maluku.

Partai NasDem juga punya peluang yang sama untuk meraih satu kursi DPR. Selain Abdulah Tuasikal yang masih memiliki kekuatan politik yang dirawat dengan baik, ada pula tiga caleg Nasdem lainnya, yakni Rosita Usman, Andreas Rentanubun dan Javarendzia Eka Putri Pasanea yang akan menambahkan suara.

Sedangkan di Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ada petahana Saadiah Uluputty, Amir Rumra, H. Sudarmo, dan Topiyarini. PKS punya cara kerja yang Solid. Bahkan sebagai petahana Saadiah termasuk sosok figur yang lantang menyuarakan kepentingan Maluku di pusat.

Saadiah selain selalu mendatangi warga di daerah daerah pelosok di Maluku, juga memiliki kepribadian baik. Bahkan tingkat penerimannya tidak saja di kalangan Muslim.

"Untuk empat petahana ini saya masih optimis, mereka masih punya peluang terpilih kembali,"kata Normawati. (wahab)

  • Bagikan