Gerindra, PDI-Perjuangan, Golkar Berebut Jawara Kursi DPRD Kota Ambon

  • Bagikan
Wakil Ketua DPRD Kota Ambon
Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono.

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Persaingan ketat merebut kursi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, terjadi antara PDI-Perjuangan dan Gerindra. Dua partai ini hampir pasti punya wakil di struktur pimpinan.

Persaingan merest kursi Ketua DPRD antara PDI-Perjuangan, Gerindra dan Golkar sudah terlihat sejak Pileg 2019 lalu. Partai Golkar berhasil merebut kursi Ketua DPRD Kota Ambon, yang selama ini menjadi langganan PDI- Perjuangan.

Pada Pileg 2019, walaupun memiliki empat kursi sama dengan PDI-Perjuangan dan Gerindra, namun Golkar berhak menduduki posisi Ketua DPRD Kota Ambon, lantaran unggul perolehan suara.

Empat kursi Golkar di DPRD Kota itu diraih Elly Toisuta (ketua dewan seka- rang), Zeth Pormes, Margaretha Siahay, dan Frederika Latupapua.

Sementara di PDI-Perjuangan ada Lucky L.U Nikijuluw, Gerald Mailoa (Wakil Ketua I DPRD Kota Ambon), James Maatita, dan Jafri Taihutu. Untuk Gerindra, empat kursi di DPRD Kota Ambon itu adalah Rustam Latupono (Wakil Ketua II DPRD Kota Ambon), Johny Paulus Wattimena, Astrid Soplantila, dan Christanto Laturiuw.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh Ambon Ekspres, Pileg 2024 ini Gerindra hampir pasti mempertahankan empat kursinya dengan perolehan suara maksimal atau melebihi Golkar dan PDI-Perjuangan.

Salah satunya yang dihimpun yakni, suara milik petahana Gerindra yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Am- bon, Rustam Latupono di Dapil Sirimau II, yang diperkirakan telah melebihi 2.000 suara.

Terkait hal tersebut, Rustam Latupono yang dikonfirmasi Ambon Ekspres, Kamis (16/2) mengatakan, pihaknya belum bisa berbicara banyak mengenai informasi tersebut.
"Kita tunggu C1 dulu baru kita bicara prediksi agar sesuai data pasti. Sebab data belum masuk samua,”ungkap politisi Gerindra itu.

Rustam mengaku, berdasarkan data masuk yang diperoleh pihaknya, Gerindra sangat berpeluang mempertahankan empat kursi di DPRD Kota Ambon. Tiga diantaranya petahana, dan satu kursi diraih pendatang baru.

“Satu lepas, tapi kursinya tetap empat, dalam arti petahana satu terlepas penggantinya sudah ada. Sebab
sebaran data yang masuk di kita masih tetap empat kursi dan tidak ada penambahan. Jadi nanti tunggu C1 biar jelas,”paparnya.

Terkait dengan peluang Gerindra merebut kursi Pimpinan DPRD Kota, Rustam menegaskan, tidak mau berkoar-koar tanpa merujuk pada data pasti.

“Tapi secara pribadi saya tetap optimis Gerindra akan menjadi pimpinan DPRD Kota Ambon, dari hasil Pileg 2014 ini. Tapi kita tidak mau takabur, nanti kalau data C1 sudah lengkap baru akan saya jelaskan lebih lanjut,”tandasnya.

Terpisah Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta, yang dikonfirmasi Ambon Ekspres melalui telepon seluler mengaku, pihaknya tetap optimis mempertahankan kursi pimpinan dewan.

“Jadi kalau bilang optimis kita tetap optimis. Tapi di dalam kenyataan di lapangan ini kan penghitungan suara belum selesai. Semua partai berkeinginan untuk tetap berada pada posisi pemenang dalam penghitungan suara di setiap kecamatan yang ada,”ujarnya.

Golkar, tambahnya, tentunya masih optimis untuk meraih kursi di Kecamatan Nusaniwe, Sirimau, serta beberapa kecamatan yang lain di Kota Ambon.

“Tapi kita masih tetap menunggu hasil perolehan suara sampai dengan terakhir,”tutupny. (zainal patty)

  • Bagikan