Soal RR di Pilwakot Ambon, Rudi di Malteng, Golkar Bilang Begini

  • Bagikan
utang golkar maluku
kantor DPD Golkar Maluku

AMBON, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Pertarungan perebutan kursi Walikota Ambon dan Pemilihan Bupati Maluku Tengah, November 2024 mendatang, Golkar tetap prioritaskan kadersnya. Richard Rahakbauw (RR), salah satu kaders yang jadi perioritas.

Sementara di Maluku Tengah, Rudi Lailosa juga berpeluang sama didorong menjadi calon Wakil Bupati. Salah satu pengurus DPD Golkar Maluku yang enggan namanya disebutkan mengatakan, Partai beringin sangat berambisi menangkan pemilihan Walikota Ambon 2024.

Untuk itu, satu-satunya kader yang layak di dorong adalah Richard Rahakbauw, karena sudah teruji di kancah politik, tiga kali terpilih sebagai anggota DPRD Maluku daerah pemilihan Kota Ambon.

"'Jika Golkar ingin menang Pilwalkot maka Pak Richard harus diusung. RR sudah teruji untuk Kota Ambon ," katanya, Rabu (3/4/2024).

Menurut dia, sejarah Pilwakot Ambon, adalah aduh basis Golkar dan PDIP. "Kalau salah dalam mengusung calon, maka posisi Golkar bisa di geser partai lain terutama PDIP khususnya Kota Ambon,” sebut sumber.

Maluku Tengah juga demikian, Rudi Lailosa selaku ketua DPD memiliki peluang diusung menjadi calon Wakil Bupati. Sosok Rudi dinilai sangat layak berada di posisi itu.

"Untuk Malteng ada Pak Rudi. Semoga bisa menjadi pertimbangkan partai, karena dia juga layak jadi wakil," bebernya.

Sekretaris DPD Golkar Maluku Abner James Timisela saat dikonfirmasi menjelaskan, Golkar punya mekanisme yang dimulai dengan melakukan teleskopik terhadap kader partai dan non partai.

Bahkan sejak November 2023 lalu, DPD telah memberi masukan kepada DPP terkait mereka yang diberikan mandat ketua partai tingkat Kabupaten Kota. Tahapan berikut adalah yang masuk dalam radar Golkar akan di survey dan kemudian diputuskan.

"Terkait dengan itu, ada juga catatan kritis kami, bahwa kader yang tidak bekerja untuk partai dalam pemilu legislatif dan pilpres, tidak kami masukan dalam radar Golkar," tegasnya.

Semua kader yang dalam penugasan DPP Golkar bakal dicalonkan sebagai Kepala Daerah dan wakil kepala daerah dan siap disurvey.

"Nanti dilihat hasil survey baru DPP menetapkan siapa yang masuk sebagai calon. Namun bagi yang di pemilu kemarin tidak bekerja untuk partai, tidak dimasukan untuk disurvey," tandasnya.

Richard Rahakbauw yang dikonfirmasi belum berikan tanggapan. Namun Richard sebelumnya telah berkali-kali menyampaikan ke publik, bakal maju sebagai calon Walikota Ambon.

"Kita saling menghargai saja, karena dari sisi konstitusi semua warga negara punyai hak untuk maju mencalonkan diri dan saya sudah siap lahir dan batin. Dengan siapa pun lawannya saya tidak gentar," sebut Richard kepada awak media, diruang Komisi III DPRD Maluku, Selasa (08/08/2024).

Sebelumnya diberitakan, beredar informasi Saadiah Uluputty lirik kader Golkar Maluku Tengah Rudi Lailosa untuk berpasangan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati.

Rudi yang dikonfirmasi mengatakan, dalam politik apa saja bisa terjadi. Apalagi jika diperintahkan partai dan sebagai kader tetap siap. Partai Golkar kata dia, sangat terbuka dengan figur siapa saja untuk berpasangan di Pilkada Maluku Tengah.

"Kalau situasi politiknya ke depan seperti itu, dan partai sudah perintahkan, saya kira semua bisa terjadi untuk berpasangan dengan ibu Saadiah,"ucap anggota DPRD Maluku Tengah tiga periode itu.(wahab)

  • Bagikan