Malam Takbiran Aman, Warga Dibatasi Lalulintasnya

  • Bagikan

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID Fajar.Co.Id.- Pelaksanaan malam takbiran di Kota Ambon, Selasa (9/10/2024) dipastikan berlangsung aman. Sejumlah ruas jalan disekat oleh aparat keamanan. Warga juga dibatasi sampai pukul 24.00 dini hari, untuk melaksanakan pawai malam takbiran.

Pantauan media ini disejumlah ruas jalan di Kota Ambon, malam takbiran tidak hanya berlangsung di masjid melainkan juga dilakukan oleh warga terutama generasi muda untuk melakukan long march.

Mereka menggunakan kendaraan roda dua hingga roda empat menyusuri sejumlah ruas jalan. Semisal pemuda Batumerah, Kapahaha, dan kawasan Tanah Rata, Galunggung, mereka hanya dibatasi untuk melakukan pawai dengan melintasi ruas jalan Jenderal Soedirman, kemudian masuk ruas jalan Sultan Hasanuddin.


Saat pawai tersebut, warga juga membawa sejumlah atribut, seperti bendera merah putih, bendera Palestine.

Pawai membuat kemacetan panjang dikedua ruas jalan tersebut. Selain itu, pawai juga dilakukan oleh warga yang mendiami area Kebun Cengkeh dan sekitarnya.

Hanya saja mereka tidak diizinkan untuk memasuki ruas jalan jenderal Soedirman. Hal serupa juga terjadi dikawasan Waihaong, Silale, dan Airmata Cina, mereka tidak diizinkan untuk memasuki kawasan jalan AY Patty, sebab mereka hanya diizinkan melintasi jalan Sultan Baabullah, kemudian jalan AM Sangadji, dan Trikora.

Sementara itu, diwilayah kecamatan Teluk Ambon, peserta pawai malam takbiran juga tidak diizinkan untuk memasuki kawasan Jembatan Merah Putih. Mereka hanya bisa melintasi jalan Ir. M Putuhena dan masuk jalan Soplanit.

Kapolresta Ambon, Kombes Dryano Andri Ibrahim mengatakan, pelaksanaan malam takbiran di Kota Ambon, berlangsung aman.


"Kita bersama Pak Dandim dan pak Walikota melaksanakan pemantauan diseluruh Pos pengamanan, pos pelayanan juga beberapa titik yang dianggap ramai dan rawan, suasana malam takbiran dan dipastikan berlangsung aman dan terkendali,"kata dia, kepada wartawan disela-sela peninjauan pos pengamanan, Selasa malam.

Menurutnya, meski aman namun kemacetan disejumlah ruas jalan tetap terjadi.


"Kita melakukan penyekatan untuk menghindari jangan sampai macet lebih parah lagi,"ujarnya.

Dikatakan, penyekatan itu juga untuk menghindari adanya pertemuan massa yang lebih besar.


"Nah penyekatan yang kita lakukan itu untuk mengurai agar tidak ada kumpulan disatu titik,"urainya.

Perwira dengan tiga melati dipundaknya ini mengaku, pihaknya mengerahkan 1.049 peronil untuk mengamankan pawai malam takbiran dan pelaksanaan sholat Ied hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.


"Untuk Polri sendiri kita turunkan sekitar 800 personil, selebihnya itu TNI di bantu oleh Pemerintah seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Damkar dan juga Pramuka,"paparnya.

Alumnus AKPOL 1997 ini menambahkan, pihaknya memberikan izin untuk melaksanakan pawai hingga pukul 24.00 WIT.


"Kami himbau kepada warga terutama peserta pawai agar kalau bisa sampai pukul 24.00 WIT, setelah itu silahkan kembali untuk beristirahat dan menyiapkan diri untuk melaksanakan solat Ied,"imbuhnya.

Sementara itu, Dandim 1504/Ambon, Kolonel Inf.Leo Octavianus M Sinaga mengaku, pihaknya akan tetap membackup Polresta guna melaksanakan pengamanan malam takbiran.

Ditempat yg sama Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Melkias Wattimena mengatakan, Pemerintah Kota mempersilahkan warga untuk melaksanakan pawai malam takbiran.

Hanya saja, kata dia, harus dilaksanakan dengan cara-cara yang baik, tanpa mengganggu keamanan warga yang lain.


"Kami tentu berharap agar pelaksanaan pawai malam takbiran ini dapat berlangsung dengan aman. Silahkan saja melaksanakan pawai namun tetap menjaga situasi dan kondisi keamanan,"ujarnya.

Wattimena juga memberikan, apresiasi kepada personil TNI dan Polri, yang telah bekerja keras dalam mengamankan pelaksanaan malam takbiran hingga solat Ied.


"Kita apresiasi kerja keras dari personil TNI dan Polri, yang telah berupaya untuk mengamankan jalannya malam takbiran ini. Mari kita sama-sama menjaga situasi dan kondisi keamanan di Kota ini,"tandasnya. (Ars Hehanussa)

  • Bagikan