Tingkatkan Mutu Pelayanan, BPJS Kesehatan Ambon Pakai Program SiBling

  • Bagikan
Program SiBling
Petugas BPJS Kesehatan mendata seorang pasien di rumah sakit TNI-AL dr. F. X Suharjo. (Foto: BPJS Kesehatan Ambon)

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Dalam meningkatkan mutu pelayanan, salah satu fokus BPJS Kesehatan, adalah rutin melakukan supervisi pada fasilitas kesehatan yang berada di wilayah kerja Kantor Cabang Ambon. Di awal tahun 2024 ini, supervisi mulai dilakukan.

Program SiBling, merupakan suatu aktivitas pemantauan atas pemenuhan kewajiban fasilitas kesehatan dalam dimensi mutu, yang dilaksanakan melalui kegiatan kunjungan ke fasilitas kesehatan yang dilakukan oleh pegawai BPJS Kesehatan dan/atau pihak lain atau pihak eksternal yang juga adalah Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Metode yang digunakan dalam kegiatan SiBLing, adalah Walk Through Audit yang didesain untuk mengidentifikasi kesesuaian pemberian pelayanan di setiap area pelayanan dengan panduan kuesioner.

Dalam melakukan supervisi, terdapat lima area yang menjadi fokus penilaian yaitu area adminis, area rawat inap, area poliklinik, area farmasi dan area Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP).

Saat mengunjungi lima area tersebut, Petugas BPJS Satu juga melakukan wawancara kepada peserta dan melihat langsung prosedur alur layanan pada rumah sakit TNI-AL dr. F. X Suharjo.

Dari hasil kegiatan SiBLing tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf mengapresiasi komitmen rumah sakit TNI-AL dr. F. X Suharjo yang secara serius berupaya meningkatkan kualitas layanan kepada Peserta JKN.

“Rumah sakit TNI-AL dr. F. X Suharjo sudah memberikan pelayanan yang cukup baik dan berkualitas. Ini juga terbukti dari hasil supervisi ini, tidak ada keluhan yang berarti,” Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Saiyed, dalam pers release yang diterima media ini, kemarin.

Menurutnya, adanya SiBLing di setiap fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan bertujuan untuk menjalankan transformasi mutu layanan, yang mana untuk meningkatkan kualitas layanan dan memberikan kemudahan bagi Peserta JKN.

“Ketika pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit sangat baik dan tidak ada masalah maka Peserta JKN juga akan puas dan tidak mengeluh. Hal ini berdampak pada berkurangnya kesalahpahaman masyarakat terhadap Program JKN,” ungkap Saiyed.

Saiyed, menghimbau, bagi setiap Peserta JKN yang membutuhkan layanan informasi dan penyampaian keluhan atas layanan kesehatan yang didapatkan, untuk dapat langsung mendatangi petugas PIPP di tiap-tiap rumah sakit.

“Untuk pasien yang menghadapi kendala layanan, atau butuh informasi bisa datangi loket PIPP rumah sakit. Selain itu juga bisa langsung ajukan pengaduan di Aplikasi Mobile JKN untuk kami tindak lanjuti segera,” jelas Saiyed.

Pada kesempatan yang terpisah, petugas PIPP Rumah sakit TNI-AL dr. F. X Suharjo, dokter Welia Safitri, mengatakan, bahwa hal ini juga tak lepas dari koordinasi bersama BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi Peserta.

“Kami selalu siap menerima masukan-masukan dari tim BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon maupun dari Peserta JKN untuk perbaikan pelayanan maupun yang lainnya,” ujar Welia.

Salah satu pasien JKN yang diwawancarai pada saat SiBLing, Sri Handayani (41), mengatakan, dirinya mendapatkan pelayanan pelayanan yang baik di rumah sakit TNI-AL dr. F. X Suharjo.

“Dokter dan Perawat ramah dan sangat sigap jika dibutuhkan. Semua obat-obatan tersedia dan saya tidak pernah diminta iur biaya terkait obat,” imbuh Sri.

Sebagai informasi, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon bekerja sama dengan 28 fasilitas kesehatan rujukan Tingkat lanjutan (FKRTL), 220 Puskesmas, enam Klinik pratama, 21 klinik TNI-Polri, 21 Tempat Praktek Mandiri Dokter (TPMD) dan 6 Tempat Praktek Mandiri Dokter Gigi (TPMDG). Sedangkan, untuk fasilitas pendukung lainnya terdapat lima Apotek, 13 Ruang Farmasi, lima Optik, dan satu laboratorium. (leo)

  • Bagikan