Nasdem Rebut Kursi Ketua DPRD Ambon, Perindo Wakil, Golkar Gerindra Terpental

  • Bagikan
Kursi DPR Dapil Maluku

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID — Fenomena politik dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, di Kota Ambon semakin menarik. Dua partai langganan kursi pimpinan DPRD Ambon, kali ini turun tahta, sementara NasDem merajai perolehan suara.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Golongan Karya 
(Golkar) yang dalam beberapa periode terakhir selalu menduduki kursi Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, perhelatan 2024 ini harus tumbang.

Golkar yang memimpin DPRD Kota Ambon dengan empat kursi di periode 2019- 2024, harus ikhlas turun tahta. Golkar dikabarkan kehilangan satu kursi di Dapil Sirimau II.

Sementara Gerindra yang berposisi sebagai Wakil Ketua II DPRD Kota Ambon, harus merelakan kursi pimpinan yang dipertahankan dalam 10 thun terakhir, karena dikabarkan kalah pada akumulasi suara partai.

Kejutan hebat dibuat Partai Nasdem. Dari data hitungan cepat serta data yang dihimpun Redaksi Ambon Ekspres, partai besutan Surya Paloh itu berhasil meraih empat kursi dengan akumulasi suara tertinggi.

Untuk Wilayah Kota Ambon, berdasarkan data media dan hitungan cepat, posisi Ketua DPRD akan diduduki Partai Nasdem, Wakil Ketua I PDIP, serta Wakil Ketua II dari Partai Perindo.

Partai Nasdem diperkirakan merebut kursi Ketua DPRD Kota Ambon dari Golkar untuk periode 2024-2029, dengan perolehan suara akumulasi sebesar 20.821 suara. Tersebar di Dapil I (Sirimau I) sebanyak 4,722 suara, Dapil II 5.954 suara, Dapil II 6,657 suara, dan Dapil empat 3.498 suara.

Sementara PDIP masih tetap mempertahankan kursi Wakil Ketua I, dengan suara akumulasi sebesar 18,774 suara, yang tersebar di Dapil Satu 4.500 suara, Dapil dua 3,163 suara, Dapil tiga 4.543 suara, dan Dapil empat 6,568 suara.

Sedangkan Perindo berhasil membuat kejutan untuk menempati kursi Wakil Ketua II, dengan perolehan akumulasi suara sebanyak 17,121 suara, yang tersebar di Dapil I 3,900 suara, Dapil II 3,524 suara, Dapil II 4,889 suara dan Dapil IV 4,408 suara.

Terkait hal itu, Morits Tamaela yang dikonfirmasi Ambon Ekspres, melalui WhatsApp, Selasa (5/3) kemarin, mengaku pihaknya sangat optimis bahwa hasil hitung cepat diyakini tidak akan berbeda jauh dengan hasil di KPU nantinya.

“Data yang sudah beredar bahkan data yang telah dihimpun oleh kita sendiri, dan kami pastikan angka yang kami punya tidak bergeser jauh, dari apa yang ditetapkan baik itu ditingkat pleno PPK maupun nantinya di KPU,”ungkapnya.

Pada prinsipnya, lanjut dia, pihaknya bersyukur dengan seluruh kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat Kota Ambon, pada empat Dapil dimaksud.

“Terima kasih atas kepercayaan ini sehingga Nasdem telah pastikan meraih empat kursi DPRD Kota Ambon, dengan akumulasi suara tertinggi,”tutup Tamaela.(zainal patty)

  • Bagikan