Golkar Maluku tak Usulkan MI, DPP Kumpulkan Balon Kepala Daerah 2024

  • Bagikan
calon kepala daerah
Logo Partai Golkar

Ambon, AMEKS.FAJAR.CO.ID - Partai Golkar mulai mengumpulkan para bakal calon (Balon) dalam pemilihan kepala daerah atau pilkada 2024. Dari Maluk ada 33 bakal calon yang diminta menghadap, namun tidak ada nama Gubernur Maluku Murad Ismail.

ameks.id menerima salinan warkat undangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar kepada kader yang didapuk menjadi bakal calon Kepala Daerah, yang dibagikan ke sejumlah grup WhatsApp (WA) di Maluku.

Surat bernomor Sund-359/ GOLKAR/IV/2024, dengan perihal silaturahmi dan pengarahahan ketua umum Golkar itu, mengundang 33 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah kader Golkar untuk hadir ke DPP di Jakarta.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu, 6 April 2024, di Ballroom lantai 2 Graha Golkar. Surat tersebut dibubuhi tanda tangan Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Sekretaris Jenderal, Lodewijk Freidrich Paulus pada 4 April 2024.



Adapun empat bakal calob Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang masuk radar Golkar, ialah Ramly Umasugi, Jeffry Apolly Rahawarin, Hamzah Sangadji dan Mukti Keliobas.

Sedangkan bakal calon bupati/wabup Buru adalah Gadis Umasugi dan Jaidun Sa'anun. Balon Bupati Buru Selatan Muhammad Mukadar, Michiel Frits Leonardo Tasaney, dan Lutfi Sanaky.

Kemudian, balon Bupati Kepulauan Aru Timotius Kaidel dan Temi Oersepuny. Balon Bupati/Wabup Kepulauan Tanimbar, ada- lah Dharma Oratmangun, Julianus Aboyaman Umuratuh, dan Pieter Rangkorat.
Calon bupati Maluku Barat Daya Anos Jeremias dan Agustinus Kilikily. Balon bupati Maluku Tengah Rudolf Lailossa, Temi Talaohu, dan Sam Latuconsina.

Selanjutnya, balon Bupati Maluku Tenggara Agrapinus Rumatora. Balon Bupati Seram Bagian Barat Tonny Pariela, Hamra Samal, Muhammad Iqbal Payapo, dan Idris Mukadar.

Bakal calon bupati Seram Bagian Timur, Agiel Rumakat dan Idris Rumalutur. Balon Walikota dan Wakil Walikota Ambon, yakni Richard Rahakbauw, Elly Toisuta, Subhan Pattimahu, Marlen J. Petta, Bodewin Wattimena, Janjte Watti- mena, dan Agus Ririmase. Sementara bakal calon Wali Kota/Wakil Walikota Tual adalah Roem Ohoirat, dan Taufik Hamud.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Partai Golkar Provinsi Maluku, Ridwan Marasabessy tidak menampik ihwal akan adanya kegiatan silaturahmi dan pengarahan pada kader yang didapuk menjadi bakal calon.

"Iya, benar,"kata Ridwan saat dikonfirmasi Ambon Ekspres, Jumat (5/4) malam.

Soal figur yang sangat berpeluang diusung oleh Golkar dan mekanisme penjaringan dan penyaringan, mantan anggota DPRD Maluku itu mengatakan, itu merupakan kewenangan DPP. "Itu kebijakan DPP tentang mekanisme,"pungkasnya.

Bakal calon Walikota/ Wakil walikota Ambon, Subhan Pattimahu juga membenarkan rencana pertemuan tersebut, dan memastikan untuk mengikuti acara dimaksudnya. "Iya,"ungkapnya.

Subhan juga mengaku, sementara membangun popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas dengan turun langsung maupun melalui spanduk dan baliho, sesuai perintah DPP Golkar. "Sementara jalan. Ikut perintah partai saja,"imbuhnya. (tajudin buano)

  • Bagikan