Lima Kader Masuk Survei PDIP, Besok Agus Ririmasse Rencana Ambil Formulir Pendaftaran

  • Bagikan
pendaftaran calon Walikota Ambon
DPC PDIP Kota Ambon menggelar konfrensi pers terkait pendaftaran Balon Walikota-Wawali Ambon. (Elias/ameks)

Ambon,AMEKS.FAJAR.CO.ID.- DPC PDIP Kota Ambon membuka pendaftaran bakal Calon Walikota dan wakil Walikota Ambon, dimulai Rabu (17/4/2024) sampai Selasa (30/4/2024). Agus Ririmasse yang kini menjabat Sekkot Ambon, berencana Rabu (17/4/2024) mengambil formulir pendaftaran.

Ketua DPC PDI-P Kota Ambon, Gerald Mailoa, menegaskan secara internal Partai pihaknya telah menyiapkan Lima kader terbaik mereka untuk maju bertarung di Pemelihan Kepala Daerah Serentak 27 November 2024 nanti.

"Sesuai Rakercab itu diputuskan dalam rekomendasi ada Lima orang kader yang disampaikan," akui Gerald dalam keterangan pers di markas DPC PDI-P Kota Ambon dikawasan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Selasa (16/4/2024).

Menyoal siap saja Kader dipersiapkan, Gerald Mailoa, belum enggan membuka siapa Lima nama kader tersebt.

" Kita sementara lobi-lobi untuk Lima kader diputuskan dalam hasil keputusan Rakercab. Karena soal kesiapan maju ini kan banyak hal yang harus dipersiapkan kader tersebut. Jadi bukan soal elektabilitas saja, tetapi finansial juga menjadi tolak ukur," kata Gerald.

Kendati demikian, Gerald Mailoa, memastikan pembukaan pendaftaran Bakal Calon Walikota dan wakil Walikota Ambon juga dibuka untuk umum, sepanjang memenuhi syarat. Salah satunya, tidak bermasalah dengan persoalan hukum.

Lebih lanjut disampaikan, walaupun Lima kader disiapkan keputusan mendapat rekomendasi menjadi kewenangan DPP PDI-P, dilakukan secara professional dan tentu melalui survey. Dan bisa non Kader juga berpeluang mendapat rekomendasi jika memenuhi syarat sesuai dengan hasil survey yang nanti akan dilakukan.

" Kemudian Setelah nanti semua calon sudah masuk daftar, baru survey internal akan dilakukan ditingkat DPC, DPD bahkan nanti tingkat DPP. Dan keputusan untuk mendapat rekomendasi menjadi kewenangan DPP, kita hanya melakukan penjaringan dan penyaringan,” demikian Gerald.

Sementara Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Bacalkada Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Domi Patiluw, mengatakan secara teknis terkait penyaringan bakal calon, dilakukan dalam pleno DPC bersama dengan DPD dan kemudian diteruskan di DPP.

” Kemudian dilakukan pertemuan konsolidasi bersama dengan PAC dan teman-teman di ranting setelah selesai pada tanggal 31 April 2024 nanti sesuai jadwal yang telah ditetapkan DPP,” jelas Domi.

Domi Patiluw memastikan jika sampai pada waktu yang telah ditentukan untuk pembukan pendaftaran, dan belum mencukupi kuotan Empat sesuai orang dari masing-masing bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon akan dibuka pendaftaran tahap ke-Dua.

” Kalau belum mencapai angka yang disampaikan dalam juklak oleh DPP, maka kita akan membuka tahapan kedua. Tetapi kita sangat optimis PDI-P mempunyai ketertarikan untuk Bakal Calon mendaftar, jadi kita optimis tidak ada tahapan ke-Dua,” tambag Domi (Elyas Rumain)

  • Bagikan